Selasa, 03 Maret 2015

PENGARUH PRANATA MANGSA TERHADAP KEGIATAN BUDIDAYA IKAN (2)


A.           Mongso kalimo : 27 hari. Mulai 13 Oktober – 8 November
1.             Suhu air sudah mulai normal. Berkisar 26 – 30 0C dan sangat bagus untuk kegiatan pemijahan maupun pembesaran ikan.
2.             Hujan sudah mulai turun sehingga persediaan air sudah mulai cukup.
3.             Untuk kegiatan distribusi baik benih maupun ikan konsumsi pada semua jenis ikan hampir tidak ada kendala.

B.            Mongso Kanem : 43 hari. Mulai 9 November – 21 Desember
1.             Suhu air relatif normal dan sangat bagus untuk kegiatan budidaya ikan sekaligus untuk kegiatan penanaman padi dan juga budidaya mina padi.
2.             Untuk kegiatan distribusi baik benih maupun ikan konsumsi pada semua jenis ikan hampir tidak ada kendala dan sangat baik.
3.             Kondisi air cukup melimpah.


C.           Mongso kapitu : 43 hari. Mulai 22 Desember – 2 Februari
1.             Kondisi suhu air panas.
2.             Pertumbuhan lumut (spirogira) luar biasa cepat. Biasanya ikan makan lumut, tapi di musim ini ikan dapat dimakan oleh lumut. Hal ini dikarenakan khususnya benih ikanbanyak terjerat oleh lumut dan tidak dapat lepas dan bergerak yang akhirnya menyebabkan kematian.
3.             Khususnya pada budidaya gurami, pada musim ini secara umum banyak mengalami kegagalan yang diakibatkan oleh satu sisi suhu meningkat, di sisi lain pertumbuhan lumut luar biasa.
4.             Pakan alami berupa daphnia relatif cepat habis karena banyak turun hujan. Sedangkan pakan alami berupa cacing tubefex sangat sulit ditemukan di perairan alam dikarenakan terhanyut oleh derasnya air akibat hujan.
5.             Jadi pada musim ketujuh ini, baik budidaya lele maupun gurami, juga ikan mas relatif daya hidupnya rendah dikarenakan hal tersebut di atas.
6.             Musim ini bagus untuk pemijahan namun untuk perawatan larva perlu mendapat perhatan khusus. Baik dari segi lingkungan maupun dari segi pemberian pakan alami.
7.             Untuk kegiatan penanaman padi pada musim ini kurang bagus. sebaiknya padi ditanam sebelum musim ketujuh. Apabila digunakan untuk budidaya di mina padi, maka untuk mengatasi panasnya suhu air langkah yang perlu diambil adalah dibuatkan kolam dan kemalir dengan kedalaman 75 cm. Apabila air dangkal (+- 30 cm) akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian ikan terlebih pada budidaya mina padi ikan gurami. Sebaiknya pada musim ini tanaman padi sudah tinggi.
8.             Untuk mengantisipasi hal ini, khususnya pada benih gurami maupun benih lele apabila dipelihara di bak sebaiknya dilakukan pemindahan pada umur 12 hari – 14 hari setelah ditebar/ukuran larva. Karena apabila lebih dari 12 hari/14 hari tersebut, maka pertumbuhan lumut sudah sulit untuk diatasi.
9.             Untuk mengatasi kebutuhan cacing karena di alam jumlahnya sangat terbatas, maka sebaiknya harus didukung melalui usaha budidaya cacing agar pakan alami tercukupi.

D.           Mongso kawolu : 25 hari. Mulai 3 Februari – 28 Februari
1.             Suhu air pada musim ini sudah mulai dingin.
2.             Pertumbuhan lumut sudah mulai reda.
3.             Pakan alami berupa cacing untuk usaha budidaya ikan di bak asih relatif mengalami kesulitan dikarenakan curah hujan masih tinggi.
4.             Tanaman padi sudah mulai gemuk (besar). Musim ini bagus untuk melakukan pemijahan ikan. Baik ikan patin, grasscarp, lele, gurami, maupun ikan mas.
5.             Pada musim ini merupakan puncak-puncaknya bagus untuk pelaksanaan kegiatan pemijahan ikan patin.

0 komentar:

Posting Komentar